Senin, 13 Februari 2012


Jumlah Pulau Di Indonesia Menyusut - Selama ini kita mengetahui bahwa jumlah pulau di Indonesia ada 17.000 pulau lebih. Ternyata Indonesia saat ini hanya mempunyai 13.000 an pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.


Jumlah tepatnya adalah 13.466 pulau, seperti yang diketahui berdasarkan survei geografi dan toponimi yang berakhir pada 2010. Hasilnya telah dilaporkan kepada Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).
Jumlah pulau itu hingga kini belum disahkan melalui peraturan pemerintah. Padahal, ini memiliki implikasi sangat besar pada banyak aspek. Demikian dikemukakan Kepala Badan Informasi Geospasial (dulu Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional atau Bakorsurtanal) Asep Karsidi seperti dikutip dari National Geograpic, Jumat (10/2).
Menurut Asep yang juga menjadi Sekretaris Tim Nasional Pembakuan Nama Rupabumi, jumlah 17.508 pulau itu diperoleh karena Gosong dimasukkan sebagai pulau. Padahal. Gosong hanya gundukan pasir atau terumbu karang yang muncul saat air surut dan tenggelam saat pasang naik air laut. Adapun definisi pulau oleh PBB adalah obyek yang masih tampak saat air laut pasang.
Jumlah pulau itu, menurut Asep, diperoleh Tim Nasional Pembakuan Nama Rupabumi yang melakukan survei mulai 2007 hingga 2010. Jumlah tersebut berdasarkan inventarisasi dan verifikasi nama pulau serta penetapan koordinat tiap pulau dengan global positioning system.
Daftar nama rupabumi (gasetir) pulau di Indonesia sejumlah 13.446 itu telah disampaikan kepada United Nations Groups of Experts on Geographical Names (UNGEGN) tahun lalu
. 

0 komentar :

Posting Komentar