Rabu, 18 Januari 2012

Untuk mengetahui pengertian sejarah peradaban islam, kita perluh mengetahui dulu arti sejarah dan peradaban itu  sendiri. Sejarah adalah riwayat tentang kejadian - kejadian masa lampau yang benar-banar terjadi (fakta), yang diceritakan atau tertulis dan dapat dibuktikan kebenarannya.
Peradaban adalah cipta rasa dan karsa manusia yang berasal dari akal budi baik lahir ataupun bathin. Peradaban berasal dari kebudayaan dan merupakan hasil pengolahan akal budi manusia. Dimana hasil pikir dan pengolahannya dimaksudkan untuk kesejahteraan dan kebahagiaan manusia. 
Pengertian sejarah peradaban islam adalah kejadian-kejadian masa lampau yang merupakan produk budaya yang dihasilkan oleh orang-orang islam di bawah naungan pemerintahan islam. Sejarah peradaban islam tidak hanya berupa peninggalan-peninggalan masa lampau.
Peradaban islam bermula ketika agama islam diturunkan ke dunia melalui nabi muhammad, sejak itulah peradaban islam lahir dan menancapkan diri dalam sejarah dunia. Nabi muhammad membawa ajaran islam dengan nilai-nilai yang telah disampaikan kepada manusia sepanjang masa kenabiannya, baik berupa kitab suci (Al-qur'an) ataupunmelalui tingkah laku dan petunjuk-petunjuk beliau. 
Islam adalah agama yang damai, agama yang penuh cinta kasih yang diturunkan kepada manusia sebagai petunjuk bagaimana seharusnya menjalani kehidupan ini. 
Setelah Nabi Muhammad wafat, estafet peradaban islam dipegang oleh khulafaur rasyidin, yaitu empat sahabat nabi Muhammad yang tidak diragukan lagi loyalitasnya kepada agam islam. Masa khulafaur rasyidin dimulai oleh Abu Bakar yang berkuasa tahun 632-634 M, lalu diteruskan Umar ibn Khathab, Ustman ibn Affan, dan Ali ibn Abi Thalib.

0 komentar :

Posting Komentar